MANFAAT RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR ANAK USIA DINI DI RA SULTHONUL FADHILAH MEDAN MARELAN

  • Sahyan Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan, Indonesia
  • Ummul Husna Rauter Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan, Indonesia
  • Indah Nazlia Sekolah Tinggi Agama Islam Sumatera Medan, Indonesia
Keywords: Keywords: Daily Learning Implementation Plan (RPPH) and Teachers.

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mampu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) secara baik yang sesuai dengan materi dikombinasikan dengan metode pengajaran, strategi pengajaran dan media pengajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu dengan maksud penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Hasil dari penelitian ini guru selaku tenaga pendidik dapat memahami bagaimana konsep, tujuan dan teknik penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) sehinggah dengan dampak output yang dihasilkan dalam proses pembelajaran menjadi lebih baik sehinggah murid dapat memahami materi ajar yang disampaikan sesuai dengan tujuan yang telah dibuat.

Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) dan Guru.   

 

Abstract: The purpose of this study is to know and be able to make a good Daily Learning Implementation Plan (RPPH) that is in accordance with the material combined with teaching methods, teaching strategies and teaching media in the learning process. This study uses the Classroom Action Research (CAR) method, namely with the aim of research being carried out collaboratively between teachers and researchers. The results of this research are that the teacher as an educator can understand how the concepts, objectives and techniques for preparing the Daily Learning Implementation Plan (RPPH) so that the output impact produced in the learning process is better so that students can understand the teaching material presented in accordance with the goals that have been made.

 Keywords: Daily Learning Implementation Plan (RPPH) and Teachers.

Published
2023-01-28
Section
Articles